Tips agar anak mau makan nasi . Banyak para Ibu yang mengeluh mengenai anaknya yang susah makan nasi. Ketika sang Ibu sudah menyajikan makanan kepada anaknya, makanan yang dimakan oleh anak malah hanya lauk pauknya saja dan nasi yang ada masih utuh tak disentuh sama sekali. Ada juga anak yang hanya ingin makan makanan cepat saji ataupun jajan jajanan yang tidak sehat. Ibu mana yang tidak bingung dan khawatir apabila anaknya tidak mau makan nasi, pastinya sang Ibu berpikir yang tidak-tidak mengenai kesehatan anak kedepannya. Lalu apa yang harus Ibu lakukan agar anak mau makan nasi? Berikut ini tips mengatasi permasalahan anak agar mau makan nasi yang bisa Anda lakukan.

Beberapa Tips Agar Anak Mau Makan Nasi

Sebenarnya ada beberapa penyebab anak susah untuk makan nasi misalnya anak terlambat dikenalkan dengan makanan selain ASI pada usia di atas 6 bulan. Namun, ada pula anak yang mungkin tidak doyan nasi sama sekali. Anda tidak perlu cemas, karena beberapa tips ini akan membantu Anda mengatasi permasalahan tersebut, seperti berikut ini.tips agar anak makan nasi

1. Buatlah Penyajian yang Menarik
Penyajian makanan yang menarik tentunya akan menarik perhatian anak Anda dengan cepat. Anda bisa mengkreasikan makanan anak dengan membuatnya seperti tokoh kartun ataupun bentuk hewan lucu lainnya yang ia sukai. Nasi yang ada bisa Anda cetak melalui cetakan yang bisa Anda beli di pasar terdekat dan dihias semirip mungkin. Butuh perjuangan dan kesabaran memang pada saat menyajikannya. Akan tetapi, kerja keras Ibu akan terbayar bila anak mau memakan nasi tersebut. Tips agar anak makan nasi

Selain itu, Anda juga harus menyajikannya dalam menu yang bervariasi. Jika makanan yang disediakan tidak ada variasinya, minat anak terhadap makanan tersebut mungkin menjadi berkurang sehingga ia tidak mau makan dan lebih memilih untuk jajan diluar. Sebelum memasak, Anda juga bisa bertanya terlebih dahulu kepada anak Anda makanan apa yang ia inginkan untuk disantap hari ini.

2. Tidak Memberikan Cemilan Saat Mendekati Jam Makan Anak
Apabila anak Anda minta jajan pada saat mendekati jam makannya, sebaiknya Anda tidak mengijinkannya untuk membeli jajanan tersebut. Karena hal ini akan menjadi alasan anak Anda untuk tidak makan pada waktu berikutnya. Ia akan beralasan bahwa sudah kenyang dan akhirnya tidak memakan makanan yang Anda sajikan.

3. Bertanya Langsung Kepada Anak
Cara yang paling ampuh adalah Anda harus menanyakannya sendiri kepada anak Anda kenapa ia tidak mau makan nasi. Jika anak Anda tidak doyan dengan nasi, Anda bisa menggantinya dengan alternatif lain yang mempunyai kandungan gizi yang sama seperti yang ada didalam nasi misalnya kentang, roti gandum dan jagung. Dengan begitu, Ibu tidak perlu khawatir si kecil akan kekurangan gizi.

Pada saat Ibu bertanya langsung kepada sang anak, intonasi dan pemilihan kata yang tepat harus diperhatikan. Jangan sampai Anda malah memarahinya dan membuatnya jadi malas untuk makan nasi. Apabila anak Anda meminta makanan cepat saji, lebih baik Anda menawarkan makanan lain yang sehat dan bergizi. Tips agar anak mau makan nasi

Demikianlah beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar anak mau makan nasi. Tips-tips diatas akan sangat berguna apabila Anda juga menciptakan suasana nyaman pada saat anak Anda sedang makan. Salah satu caranya adalah menemani anak Anda makan dan ajak ia berkomunikasi ringan agar tidak mudah bosan saat menyantap makanannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *