Cara Mengatur Menu Masakan Sehari-hari – “Hari ini masak apa ya?” Tentunya pertanyaan itu kerap kali hinggap dibenak para Ibu Ibu yang selalu disibukkan dengan banyaknya kegiatan rumah tangga mulai dari memasak, mencuci, mengurus anak, mengurus rumah,mengurus kebutuhan suami dan masih banyak lagi yang lainnya. Kesibukan seorang Ibu memang seolah tak ada tak ada habisnya, namun memang begitulah kodrat seorang wanita, yang sudah menjadi istri sekaligus Ibu pasti sangat tahu bagaimana lelahnya mengurus rumah tangga, tapi semua itu pasti terbayar dengan kehangatan dan keharmonisan yang ada dalam keluarga.

Pada bahasan kali ini kita akan coba untuk memberi tips seputar cara mengatur menu masakan sehari-hari, membuat menu masakan sebagai daftar referensi sehari-hari tentu akan mempermudah para Ibu dalam mencari ide untuk memasak, selain itu memiliki daftar menu masakan juga akan memudahkan Ibu dalam berbelanja bahan-bahan masakan agar tidak bingung dalam memilih dan membeli bahan untuk memasak.  Cara yang biasanya digunakan oleh banyak Ibu rumah tangga ialah membuat rencana masak untuk jangka waktu satu atau dua hari saja,semua bahan masakan akan diingat diluar kepala tanpa ada catatan khusus  untuk daftar bahan masak yang akan dibeli. Akibatnya, kadang apa yang sudah dibeli tidak sesuai dengan apa yang seharusnya sudah dibeli.

Godaan paling besar untuk seorang pemasak adalah adanya bahan-bahan segar yang sebenarnya belum tentu bisa langsung diolah. Bagi pemasak rumahan, inefisiensi dapat dengan mudah diketahui cukup dengan  cara melihat bahan bahan yang ada dilemari es. Misalnya, ada sayuran yang layu, cabe yang sudah kering dan keriput, dan daging-daging beku yang mmenuhi  freezer.
Menu Masakan Sehari-hari
hal lain yang membuat wanita biasanya mondar mandir adalah adanya bahan bahan kecil yang biasanya lupa untuk dibeli entah bumbu masak rempah-rempah ataupun penyedap rasa yang ternyata sudah habis dan lupa untuk dibeli lagi. Ini hanya segelintir contoh kecil dari kerugian atas tidak adanya panduan daftar belanja yang dipakai untuk mengatur menu. Belum lagi bila kehabisa ide memasak biasanya hidangan yang tersaji hanya itu-itu saja. Hal ini tentunya sangat disayangkan, dan bukan tidak mungkin akan membuat anggota keluarga menjadi bosan dengan menu yang ada. Oleh karena itu salah Satu hal yang sebaiknya dilakukan oleh para Ibu yang memiliki kebiasaan memasak adalah membuat daftar memu masakan harian. Jadi ketika akan berbelanja kita sudah tahu bahan apa saja yang harus dibeli. Jangan lupa selalu cek stok persediaan bumbu-bumbu tambahan, agar tak ada bahan yang terlewat saat harus dibeli.
Agar lebih hemat, cobalah untuk gunakan bahan yang sama untuk dipakai dalam dua sampai tiga kali dalam resep berbeda. Selanjutnya, menentukan menu dapat membantu Anda dalam mengolah bahan makanan menjadi berbagai macam hidangan yang lezat.

Sebagai tips tambahan untuk Anda dalam mengatur menu masakan sehari-hari, pilihah teknik membuat masakan yang tidak membutuhkan waktu lama, baik dalam mengolahnya ataupun mempersiapkan bahan bahannya. Teknik tumis biasanya menjadi tekhnik andalan yang sering digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *