Memiliki rumah tangga yang harmonis itu merupakan idaman semua orang di dunia ini. Tidak ada satu pun orang yang ingin rumah tangganya hancur kecuali orang tersebut sudah tidak waras. Menciptakan rumah tangga yang senantiasa harmonis dan hangat itu sangat dianjurkan sekali di dalam Islam. Islam sendiri pun juga melarang umatnya untuk melakukan perceraian meskipun itu diperbolehkan. Oleh karena itu sangat penting bagi pasangan yang sudah menikah untuk selalu membuat suasana rumah tangga menjadi hangat.

Tips Menciptakan Rumah Tangga yang Harmonis dan Islami

Kebanyakan orang (muslim) ingin meniru gaya Rasulullah dalam berumah tangga. Hal tersebut memang sangat dianjurkan karena memang Nabi Muhammad adalah salah satu panutan yang baik dan teladan bagi umat Islam. Jika ingin rumah tangga Anda sakinah atau harmonis, lakukanlah beberapa tips menarik di bawah ini.

  1. Saling mencintai

Menikah tanpa adanya cinta sama saja seperti ruangan luas tanpa ada isinya. Ya, pasangan yang menikah tentu saling mencintai satu sama lain. Sikap saling cinta tersebut akan mengantarkan ke banyak hal positif, misalnya istri akan senantiasa patuh dan selalu melayani dengan baik. Kemudian suami pun akan selalu membimbing istri dan juga selalu memperhatikan istrinya. Saling mencintai satu sama lain tersebut akan membuat Anda dan pasangan saling setia dan tidak berkhianat pastinya.

  1. Bisa menerima kelebihan dan kekurangan masing-masing

Yang paling penting membuat suatu hubungan awet selain saling cinta adalah bisa menerima kelebihan dan kekurangan pasangan masing-masing. Anda tentu harus bisa dan legowo dengan sifat pasangan Anda misalnya istri yang tidak bisa masak. Jangan memarahi istri yang tidak memasak tersebut karena nantinya akan membuat hati istri menjadi terluka dan bisa menimbulkan masalah. Intinya Anda harus menerima kekurangan pasangan masing-masing dan terima sifatnya yang seperti itu. Bila bisa dirubah ke arah positif maka bimbinglah istri/suami Anda.

  1. Saling menghormati dan memahami satu sama lain

Saling menghormati dan memahami satu sama lain itu penting dilakukan untuk membuat rumah tangga menjadi harmonis. Khususnya bagi seorang istri, harus selalu menghormati suaminya apapun kondisinya. Jangan sampai Anda membentak suami jika suami tidak bisa memberikan uang belanja yang lebih. Kemudian seorang suami pun juga harus bisa memahami keadaan istri, jangan memarahi istri jika makanan belum siap atau rumah masih berantakan. Istri di rumah itu tugasnya sama beratnya dengan suami yang mencari nafkah karena harus mendidik anak-anak, mengatur uang belanja, membersihkan rumah dan juga masih harus mengurus kebutuhan suami. Kesimpulannya adalah harus saling menghormati satu sama lain.

Selain ketiga tips di atas ada juga tips lainnya yaitu memilih suami/istri dengan kriteria yang tepat. Hal ini akan menjadi tolok ukur rumah tangga Anda menjadi bahagia. Pilihlah seorang istri yang bicaranya santun, akhlaknya baik, tidak suka mengumbar aurat dan mampu menjaga kehormatannya. Itu merupakan sifat istri idaman dan istri sholehah.

Apabila tidak ada salah satu criteria tersebut di dalam istri Anda, itulah tugas dari suami untuk membimbingnya ke jalan yang benar. Kemudian criteria suami yang baik itu yaitu agamanya bagus, sifat tegas tapi tidak emosian, memiliki rasa tanggung jawab dan mempunyai sikap penyayang. Semoga tips-tips di atas tadi bisa membantu Anda dalam memperoleh keharmonisan dan kehangatan dalam berumah tangga yang Islami.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *