Di dalam sebuah pernikahan, Anda tidak selalu akan merasakan kebahagiaan di dalamnya. Terkadang Anda juga akan merasakan sedih, kesal dan juga marah terhadap pasangan ataupun orang lain yang akan berimbas kepada pasangan Anda. Seringkali ditemukan beberapa pasangan suami-istri memilih untuk bercerai daripada mempertahankan pernikahannya karena masalah yang dihadapi tersebut. Lalu, sebenarnya apakah yang menjadi penyebab utama terjadinya perceraian dari beberapa pasangan yang ada? Anda bisa menyimak beberapa penyebab terjadinya perceraian tersebut dibawah ini.Apa Penyebab Utama Terjadinya Perceraian

Beberapa Penyebab Utama Terjadinya Perceraian

Perceraian merupakan situasi dimana putusnya hubungan pernikahan suami dan istri yang telah disepakati bersama secara Agama dan hukum yang berlaku dengan melalui beberapa tahap yang cukup panjang di pengadilan Agama. Hal ini tentunya terjadi karena adanya beberapa penyebab yang memicu pertengkaran antara pasangan tersebut dan tak jarang pula yang melakukan kekerasan fisik yang akan berujung perceraian. Namun, apa sajakah penyebab utama dari perceraian tersebut? Berikut beberapa penyebab utama terjadinya perceraian yang bisa Anda ketahui.

1. Masalah Keuangan
Salah satu penyebab utama terjadinya masalah perceraian adalah adanya masalah keuangan dalam suatu keluarga. Banyak pasangan yang kurang baik dalam mengelola pemasukan dan pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Biaya hidup yang makin hari semakin meningkat dan pemasukan yang diperoleh tidak sebanding dengan pengeluaran terkadang membuat pasangan suami-istri ini merasa tertekan dan menimbulkan pertengkaran secara terus menerus. Jika hal ini tidak dapat diatasi dengan baik, mungkin saja akan menimbulkan perceraian dalam rumah tangga Anda.

2. Adanya Kekerasan dalam Rumah Tangga
Penyebab terjadinya perceraian yang banyak terjadi selanjutnya adalah adanya kekerasan dalam rumah tangga. Tindak kekerasan ini juga bisa dipengaruhi dari beberapa faktor, seperti masalah ekonomi, keegoisan yang tinggi dari satu atau dua belah pihak serta tekanan yang didapat dari berbagai tempat. Kekerasan yang terjadi bukan hanya dari tindakan fisik saja, kekerasan juga bisa berasal dari kata-kata yang diucapkan sehingga hati Anda akan merasa tersakiti. Meskipun banyak yang bertahan jika sudah mendapatkan kekerasan karena suatu alasan tertentu, namun lambat laun salah satu pasangan ini pasti akan menuntut cerai karena tidak sanggup untuk menahan penderitaan yang dialaminya.

3. Adanya Perselingkuhan
Perselingkuhan juga merupakan salah satu penyebab utama terjadinya perceraian dalam rumah tangga. Perselingkuhan ini bisa dilakukan dari pihak suami atau istri karena rasa bosan yang dialaminya terhadap pasangannya masing-masing. Bahkan banyak pasangan yang belum menikah juga melakukan hal tersebut. Selain rasa bosan, perselingkuhan juga bisa terjadi secara tidak sengaja, misalnya Anda coba-coba atau iseng untuk mendekati teman perempuan Anda yang akan berujung hubungan yang lebih intens dan juga secara tidak sengaja bertemu cinta pertama Anda dan merasa bahwa Anda telah salah menikahi istri Anda yang sekarang dan memutuskan untuk kembali kepada cinta pertama Anda.

Demikianlah beberapa penyebab utama yang dapat memicu terjadinya perceraian. Permasalahan memang akan selalu datang dalam setiap kehidupan manusia, karena hal ini merupakan ujian kehidupan yang harus dilalui. Jika Anda dapat melaluinya dengan sabar, ikhlas dan selalu berpikir positif, pastinya Anda akan menemukan jalan keluar tanpa adanya perceraian. Sebaiknya Anda menenangkan pikiran terlebih dahulu jika sedang bertengkar dengan pasangan sebelum menyesali keputusan yang dibuat saat sedang marah. Ingatlah selalu tujuan awal Anda menikah dengan pasangan Anda dan ingatlah bahwa perceraian merupakan hal yang paling dilarang dan dibenci oleh Yang Maha Kuasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *